Selasa, 31 Maret 2009


C. hasil yang ingin dicapai setelah belajar human relations

1. setiap individu dapat mengenali karakteristik pribadi masing – masing dab nilai – nilai positif dan negative yang dimiliki, sehingga dapat mengukur kelebihan dan kekurangan dari sifat – sifat tersebut, dan pada akhirnya dapat memperbaiki diri kea rah yang lebih baik lagi ( kepribadian yang seimbang ). Diharapkan setelah individu mengeahui mengapa ia bertindak yang seperti di lakukannya tersebut. Ia dapat memahami jiwanya lebih dalam, sehingga akan mulai belajar untuk meningkatkan kepribadiannya, dan belajar menyesuaikan diri dengan orang lain yang ada di sekitarnya.

2. agar masing – masing individu dapat mengenali dan memahami kepribadian orang – orang yang ada disekitarnya, sehingga dengan memahami orang lain akan tercipta satu hubungan yang sehat dan harmonis.

3. setelah mempelajari Human Relations, individu diharapkan dapat mengetahui bagaimana cara sebaik – baiknya untuk menggunakan asset anugerah Tuhan yang unik ini, untuk mendatangkan keserasian dalam hubungan dengan individu lainnya.

D. Prinsip – prinsip Human Relations

Untuk mempelajari human relations terdapat beberapa hal yang perlu di perhatikan sebagai prinsip – prinsipya, yaitu :

1. Bakat dan Ambisi
Dalam kehidupan modern setiap orang yang ingin memperbaiki kehidupannya kea rah positif, diperlukan suatu ambisi dalam aktifitasnya atau dalam dunia kerjanya. Agar seseorang dapat memenuhi ambisinya, maka di perlukan pengalaman kerja yang dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam mewujudkan ambisinya, terutama pengalaman dan kemampuan dalam bidang human relations.

2. Kebutuhan Perusahaan dan Pribadi
Orang yang bekerja, pada akhirnya ingin mencapai suatu kepuasan. Untuk mencapai kepuasan itu tidak hanya tergantung pada profit yang berbentuk material tetapi kondisi psikologis.
Untuk mencapai suatu kepuasan diperlukan suatu interaksi interpersonal yang memadai yang pada akhirnya secara pribadi merasa puas dan tujuan organisasi perusahaan pun dapat dikatakan berhasil. Hal ini terjadi karna setiap orang menyadari, bahwa dengan human relations yang baik, maka suatu orgabisasi/perusahaan akan berjalan secara efektif.

3.Tanggung Jawab
Karir seseorang dalam abad moderen ini, tidak hanya bergantung pada factor keberuntungan tetapi kompetisi diri sendiri yang menentukan. Melalui pemahaman human relations dan penerapannya dalam aktifitas kehidupan. Akhirnya akan dapat pola prilaku yang menunjang karir seseorang dan dapat dipertanggungjawabkan.

4. Setiap orang harus diperlukan sebagai manusia.

5.pemimpin dan yang dipserata organisasinya, haruslah bersatu dan mempunyai rasa kepentingan bersama serta komunikasi terbuka.

6. Karyawan atau pimpinan atas partisipasinya yang patut diteladani.

7. Memberikan wewenang untuk memecahkan masalah yang timbul diantara sesame karyawan.

8. Memperhatikan kebenaran, kebijaksanaan, dan keadilan dalam suatu tindakan.







0 komentar:

Posting Komentar

 

hen17ry Blak Magik is Designed by productive dreams for smashing magazine Bloggerized by Ipiet © 2008